top of page

Kucing Kurus secara tiba-tiba: Apa yang Harus Dilakukan?

Diperbarui: 26 Jun 2023


Kucing adalah hewan peliharaan yang menyenangkan, tetapi seperti halnya hewan lain, mereka juga dapat mengalami masalah kesehatan. Salah satu tanda mungkin adalah penurunan berat badan yang drastis yang menyebabkan kucing kurus secara tiba-tiba. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa saja normal, seperti setelah hamil atau saat menyusui. Namun, jika penurunan berat badan disertai dengan gejala lain seperti demam, jalan sempoyongan, penumpukan cairan pada perut, dan gejala syaraf, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan apa yang terjadi pada kucingmu. Karena beberapa gejala tersebut merupakan ciri FIP pada kucing.


Penyebab Kucing Kurus Secara Tiba-Tiba

Penyebab penurunan berat badan pada kucing bisa dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup hingga penyakit serius. Setiap penurunan berat badan yang drastis pada kucing Anda, kamu harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter hewan untuk meminimalisir terjadinya kondisi kesehatan yang serius. Dokte akan dapat melakukan serangkaian tes yang diperlukan untuk menentukan apa yang mungkin menjadi akar masalahnya.


Ada beberapa alasan mengapa kucing Anda mungkin kehilangan berat badan tanpa disengaja, mulai dari masalah psikologis dan perubahan di rumah, hingga kondisi kesehatan yang serius. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:


1. Tidak Mendapatkan Makanan yang Cukup

Salah satu penyebab yang bisa saja terjadi adalah kucing tidak mendapatkan makanan yang cukup. Terkadang, kucing Anda makan lebih sedikit dari yang yang seharusnya. Hal ini bisa saja terjadi karena Hewan peliharaan lain di rumah Anda mungkin memakan makanan kucing Anda atau menghalangi akses kucing Anda ke tempat makannya.

Penyebab lain adalah mengganti merek makanan atau jenis makanan yang biasa diberikan kepada kucing. Kandungan kalori dalam makanan dapat sangat bervariasi dari satu merk ke merk lainnya.


2. Kucing Mengalami Penyakit Tertentu

Ada beberapa penyakit yang menyebabkan penurunan berat badan secara drastis pada kucing. Beberapa penyakit yang bisa saja terjadi bisa penyakit ginjal, kanker, diabetes, dan beberapa penyakit lainnya. Jika kucing kamu mengalami beberapa gejala yang berkaitan dengan penyakit tersebut, segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.


3. Virus FIP Kucing

Virus FIP adalah salah satu penyebab utama penurunan berat badan pada kucing. Virus ini dapat membuat kucing merasa tidak enak badan dan mengurangi nafsu makan, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan. Virus FIP sangat mematikan bagi kucing dan harus segera ditangani dengan pengobatan yang tepat.


Penurunan Berat Badan Pada Kucing FIP

Perlu diingat bahwa tidak semua kucing yang mengalami penurunan berat badan harus positif terkena Virus FIP. Ada beberapa penyebab lain, seperti masalah pencernaan, penyakit internal, atau masalah kesehatan lain yang lebih serius. Oleh karena itu, penting untuk memastikan diagnosa Virus FIP dengan melakukan serangkaian tes laboratorium dan berkonsultasi dengan dokter hewan. Ini akan membantu dokter untuk menentukan diagnosis dan memulai pengobatan FIP pada kucing kamu, serta mengetahui cara mencegah FIP pada kucing kamu.


Beberapa gejala FIP yang bisa saja terjadi pada kucing antara lain demam, nafsu makan yang berkurang, gejala syaraf seperti jalan sempoyongan, gejala ocular yang menyerang mata seperti mata berkabut, dan beberapa gejala FIP lainnya.


Apa yang Harus Dilakukan Ketika Kucing Kurus secara Tiba-Tiba?

Ketika kucing kurus secara tiba-tiba dan ada beberapa gejala lain yang terjadi, maka penting untuk melakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan apa yang terjadi pada kucing kamu.


Beberapa Tes Laboratorium yang bisa dilakukan antara lain:

  • FCoV AB Test

  • Rivalta Test (dilakukan jika terdapat penumpukan cairan pada perut kucing, biasanya pada kucing dengan diagnosa FIP Basah)

  • Pemeriksaan darah hematologi dan kimia (terdapat nilai albumin, globulin, hati dan ginjal)

  • USG (Untuk memastikan cairan dalam perut kucing)


Kenapa Kucing Kurus Padahal Makan Banyak?

Jika Kucing kamu kehilangan berat badan namun tetap makan, hal tersebut merupakan hal yang sangat umum pada kucing yang lebih tua, dan merupakan tanda utama hipertiroidisme. Penurunan berat badan namun tetap makan juga dapat disebabkan oleh penyakit radang usus, yang biasanya mengubah cara penyerapan nutrisi dalam makanan.


Sebagai Cat Pawrent, jangan pernah mengabaikan gejala-gejala yang menunjukkan bahwa kucing kamu mungkin mengalami masalah kesehatan. Segera melakukan tindakan preventif dan pemeriksaan yang diperlukan untuk memastikan kondisi kucing kamu selalu sehat dan fit. Obatilah secepat mungkin dan perhatikan gejala-gejala yang muncul pada kucing kamu. Dengan demikian, kucing kamu akan terhindar dari masalah kesehatan dan bisa hidup sehat dan bahagia selamanya.


Jika kucing peliharaan kamu menunjukkan gejala-gejala FIP, segeralah membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi Basmi FIP Indonesia di WhatsApp atau mengunjungi instagram Basmi FIP Indonesia untuk bisa kami bantu arahkan. Kamu juga bisa membaca panduan lengkap dalam menangani FIP Kucing dengan klik di sini.





Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page