top of page

Memahami Ciri-Ciri FIP Kucing

Diperbarui: 27 Okt 2023


Ciri-Ciri Kucing FIP

Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Feline Coronavirus (FCoV) yang mematikan pada kucing. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri kucing yang terkena FIP.


Ciri Kucing FIP

Beberapa ciri kucing FIP yang kamu harus waspadai antara lain:


Suhu tubuh Kucing yang tinggi

Suhu tubuh kucing FIP dapat naik hingga 40 derajat Celsius. Hal ini biasanya terjadi karena adanya peradangan pada organ dalam kucing, seperti hati, ginjal, dan paru-paru. Jika kucing Anda memiliki suhu tubuh yang tinggi selama beberapa hari, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa.


Kucing FIP dapat mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal ini terjadi karena kucing tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan dengan baik. Selain itu, FIP juga dapat menyebabkan mual dan kehilangan nafsu makan pada kucing.


Kekakuan sendi dan gangguan keseimbangan pada kucing

Kucing yang terkena FIP Syaraf (Neurological FIP) dapat mengalami kekakuan pada sendi-sendi mereka. Hal ini terjadi karena adanya peradangan pada sendi-sendi kucing. Selain itu, FIP juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan pada kucing.


Masalah pernapasan pada kucing

Kucing yang terkena FIP dapat mengalami masalah pernapasan. Hal ini terjadi karena adanya cairan yang menumpuk di paru-paru kucing, sehingga menyulitkan kucing untuk bernapas dengan normal. Kucing Anda mungkin terlihat bernapas dengan cepat atau memperlihatkan tanda-tanda kesulitan bernapas.


Pembengkakan abdomen atau pembesaran perut yang tidak lazim pada Kucing

Kucing yang terkena FIP Basah (Wet FIP) dapat mengalami pembengkakan pada abdomen mereka. Hal ini terjadi karena adanya cairan yang menumpuk di perut kucing. Kucing Anda mungkin terlihat gemuk dan tidak nyaman.


Gejala Ocular Pada Kucing

Kucing yang terkena FIP Ocular dapat mengalami masalah pada mata mereka. Hal ini terjadi karena adanya peradangan pada bola mata kucing. Kucing Anda mungkin terlihat memiliki kabut pada bola mata mereka.


Penyakit Kuning Pada Kucing

Ini dapat kita amati pada tubuh kucing seperti pada gusi, telinga, hidung, telapak tangan dan juga bola mata yang mengalami perubahan warna menjadi kuning.


Kucing Anemia

Hal ini harus kita lihat dari hasil pemeriksaan darah hematologi yang dilakukan pada kucing.


Kucing Stress

Jika kucing anda mengalami stres ini bisa menjadi salah satu faktor yang dapat kita amati pada kucing. Seperti berperilaku di luar kebiasaan itu dapat menandakan kucing mengalami stres.


Masalah Saluran Kemih Kucing

Hal ini bisa kamu lihat ketika kucing terlihat mulai jarang buang air kecil (BAK) seperti biasanya.


Jika kucing Anda menunjukkan beberapa tanda-tanda di atas, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa, pemeriksaan untuk mendeteksi Virus FIP dapat kamu baca di artikel ini. Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi kami di WhatsApp atau mengunjungi instagram kami untuk bisa kami bantu arahkan.


FIP Kucing

Baca juga Panduan Lengkap menangani FIP pada Kucing berikut:


19.864 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page