top of page

Perut Kucing Membesar: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Diperbarui: 22 Mei 2023


Apakah kucing Anda tiba-tiba memiliki perut yang membesar? Jangan anggap remeh kondisi ini, karena bisa jadi tanda-tanda dari masalah kesehatan serius pada kucing. Perut kucing yang tiba-tiba membesar bisa terjadi karena berbagai alasan. Bisa jadi menunjukkan adanya masalah kesehatan tertentu, seperti adanya parasit di saluran pencernaan, pembesaran organ, dan penumpukan cairan pada perut yang disebabkan oleh virus. Salah satu masalah yang bisa menyebabkan perut kucing membengkak adalah Virus FIP (Feline Infectious Peritonitis), khususnya FIP basah pada kucing.
Perut Kucing Membesar: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Apakah kucing Anda tiba-tiba memiliki perut yang membesar? Jangan anggap remeh kondisi ini, karena bisa jadi tanda-tanda dari masalah kesehatan serius pada kucing. Perut kucing yang tiba-tiba membesar bisa terjadi karena berbagai alasan. Bisa jadi menunjukkan adanya masalah kesehatan tertentu, seperti adanya parasit di saluran pencernaan, pembesaran organ, dan penumpukan cairan pada perut yang disebabkan oleh virus. Salah satu masalah yang bisa menyebabkan perut kucing membengkak adalah Virus FIP (Feline Infectious Peritonitis), khususnya FIP basah pada kucing.


Mengenali Gejala Lain yang Terjadi

Beberapa gejala lain yang akan ditunjukkan oleh kucing adalah kesulitan bernapas karena tekanan pada dada akibat pembengkakan perut, atau akibat penumpukan cairan di ruang antara dinding dada dan paru-paru. Beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai adalah:

  • Kucing mengalami kelesuan

  • Kucing tidak memiliki nafsu makan

  • Kucing muntah

Penyebab Perut Kucing Membesar

Salah satu hal yang perlu Anda waspadai adalah adanya penyakit FIP pada kucing. FIP adalah penyakit berbahaya pada kucing yang disebabkan oleh virus corona pada kucing atau yang disebut Feline Coronavirus (FCoV). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan pada selaput yang melapisi organ dalam kucing.
Beberapa Faktor yang menyebabkan Perut Kucing Membesar

Ada beberapa penyebab terjadinya penumpukan cairan di dalam perut, termasuk pendarahan perut, kanker perut, radang selaput perut, kandung kemih yang pecah, kerusakan hati, dan rendahnya kadar protein dalam darah. Salah satu hal yang perlu Anda waspadai adalah adanya penyakit FIP pada kucing. FIP adalah penyakit berbahaya pada kucing yang disebabkan oleh virus corona pada kucing atau yang disebut Feline Coronavirus (FCoV). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan pada selaput yang melapisi organ dalam kucing. Salah satu bentuk dari FIP adalah FIP basah, di mana cairan menumpuk di dalam perut dan dada kucing, menyebabkan kucing terlihat buncit dan kesulitan bernapas. Cairan juga dapat menumpuk di dada, sehingga kucing sulit bernapas. Jenis FIP ini menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang mengakibatkan peradangan dan cairan bocor dari darah ke dalam perut dan dada.


Apa Itu FIP Basah pada Kucing?

FIP adalah penyakit virus mematikan pada kucing yang disebabkan oleh mutasi dari virus corona kucing (FCoV). Ada dua jenis FIP: FIP basah dan FIP kering. FIP basah pada kucing ditandai dengan penumpukan cairan di dalam perut, dada, atau keduanya, yang menjadi salah satu penyebab perut kucing membesar. Jika tidak diobati sejak dini, kedua jenis FIP ini bisa berkembang menjadi FIP Neurologis dan FIP Okular.


Mengenali Gejala FIP Basah pada Kucing

FIP basah pada kucing menampilkan berbagai gejala, yang bisa mencakup:

  • Kelesuan

  • Anoreksia

  • Muntah

  • Kesulitan bernapas karena tekanan pada dada dari perut yang membesar atau penumpukan cairan di ruang antara dinding dada dan paru-paru

Gejala-gejala ini mungkin awalnya tampak sepele, tetapi bila dipasangkan dengan perut yang tiba-tiba membesar, mereka bisa menunjukkan adanya FIP basah pada kucing.


Penyebab Perut Kucing Membesar dan FIP Basah pada Kucing

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan penumpukan cairan di perut kucing. Ini bisa mencakup pendarahan perut, kanker perut, peradangan peritoneum (membran yang membentuk lapisan rongga perut), kandung kemih yang pecah, kerusakan hati, dan rendahnya kadar protein darah.


Penyebab utama yang perlu diwaspadai adalah virus FIP. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh, menyebabkan peradangan pada selaput yang melapisi organ dalam, dan mengarah ke penumpukan cairan di perut dan dada, menyebabkan perut membesar dan sering mengakibatkan FIP basah pada kucing.


Diagnosis dan Pengobatan FIP Basah pada Kucing

Jika Anda melihat adanya penumpukan cairan pada perut kucing, segeralah konsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan darah lengkap, termasuk pemeriksaan kimia darah, tes Rivalta (digunakan untuk membedakan antara transudat (cairan non-inflamasi) dan eksudat (cairan inflamasi)), ultrasonografi, dan X-ray. Tes ini membantu menentukan apakah kucing Anda menderita FIP basah atau masalah kesehatan lainnya.

Apakah Cairan di Perut Kucing Bisa Disedot atau Dikeluarkan?

Jika kucing Anda masih bisa makan dan minum dengan normal, dan bernapas dengan nyaman, tidak disarankan untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam perut. Sebagai gantinya, mulailah pengobatan dengan GS-441524, obat antiviral umum yang digunakan untuk FIP basah pada kucing, dengan dosis 6 mg/kg. Dengan pengobatan ini, Anda biasanya akan melihat pembengkakan perut mulai mengecil dalam 1,5 - 2 minggu.


Upaya Pencegahan Penyakit FIP pada Kucing

Meskipun FIP mungkin tidak sepenuhnya dapat dicegah, mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan kucing Anda terhadap Feline Coronavirus (FCoV) dapat menurunkan risiko. Ini termasuk pemeriksaan rutin oleh dokter hewan, menjaga diet seimbang, menjaga kebersihan yang baik, terutama di rumah dengan banyak kucing, dan menjaga kucing Anda di dalam rumah untuk menghindari kontak dengan kucing yang terinfeksi.


Kesimpulan

Perut kucing yang membesar bisa menjadi indikasi dari masalah kesehatan serius, termasuk FIP basah yang berpotensi fatal. Memahami penyebab, mengenali gejala, dan mencari diagnosis serta pengobatan yang tepat sangat penting untuk mengelola penyakit ini. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan yang dapat dipercaya ketika menyangkut kesehatan kucing Anda, dan ingatlah, deteksi dini bisa membuat perbedaan yang besar.


Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi kami di WhatsApp atau mengunjungi instagram kami untuk bisa kami bantu arahkan. Kamu juga bisa membaca panduan lengkap dalam menangani FIP Kucing dengan klik di sini.

9.361 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page