top of page

Memahami Feline Infectious Peritonitis (FIP) dan Feline Immunodeficiency Virus (FIV) Pada Kucing


Feline Infectious Peritonitis (FIP) dan Feline Immunodeficiency Virus (FIV) adalah dua jenis penyakit yang sering ditemukan pada kucing. Meskipun kedua penyakit ini memiliki gejala yang serupa, mereka memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara penyebaran dan pengobatan.


FIP adalah jenis virus yang disebabkan oleh Feline Coronavirus atau FCoV. Virus ini menyebabkan peradangan pada peritoneum (membran yang melapisi rongga perut) yang menyebabkan penumpukan cairan pada perut. Gejala yang umum terjadi pada kucing FIP meliputi demam, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, penumpukan cairan pada perut, dan adanya gejala syaraf dan okular.


Sedangkan FIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan kucing. Virus ini disebabkan oleh virus immunodefisiensi feline dan mirip dengan HIV pada manusia. Gejala yang umum terjadi pada kucing FIV meliputi demam, kelelahan, penurunan berat badan, serta infeksi kulit dan pernapasan. Selain itu, muntah, diare, infeksi mulut, dan kerontokan bulu juga dapat terjadi.


Diagnosis FIP dapat dilakukan melalui beberapa test seperti FCoV A/B Test, Rivalta Test, Test darah hematologi dan kimia. Sedangkan FIV dapat didiagnosis melalui tes darah atau tes ELISA.


Pada dasarnya FIP tidak menular, virus yang menular adalah FCoV yang merupakan virus pembawa FIP melalui cairan atau kotoran kucing. Sedangkan FIV biasanya ditularkan dari satu kucing ke kucing lain melalui luka gigitan yang dalam, air liur, serta darah. Dalam beberapa kasus, virus ini dapat ditularkan dari induk kucing ke anak kucing.



Secara keseluruhan, FIP dan FIV adalah dua jenis virus yang berbeda yang menyerang kucing. Namun, gejala yang mirip seringkali menyulitkan dalam membedakan kedua virus tersebut. Oleh karena itu, penting untuk selalu memantau kesehatan kucing kita dan melakukan tes jika mencurigai adanya infeksi virus

.

Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi kami di WhatsApp atau mengunjungi instagram kami untuk langsung terhubung dengan team ahli kami.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page