top of page

Fakta-Fakta Feline Infectious Peritonitis atau FIP, Virus Mematikan pada Kucing!


Pernah mengalami tiba-tiba kucing kehilangan nafsu makan? Biasanya hal ini akan diikuti juga dengan penurunan berat badan secara drastis, terjadi pembesaran pada perut, dan beberapa gejala lainnya.


Bisa jadi, Kucing kamu mengalami Feline Infectious Peritonitis atau yang lebih dikenal dengan FIP. FIP sendiri bermula dari virus pembawanya yaitu virus FCOV. Ketika kucing kamu terkena FCOV dan mengalami stress maka kemungkinan virus FCOV bermutasi menjadi FIP sangat tinggi.


Nah, biar kamu tidak panik, ini beberapa fakta yang perlu kamu tahu tentang Virus ini:


Tingkat Kematian Tinggi

Menimpa sekitar 1~2% populasi kucing global setiap tahunnya, dengan tingkat kematian ~96%.


Bagaimana Gejalanya?

Kucing dengan gejala FIP biasanya menunjukan beberapa tanda seperti:

  • Hilangnya Nafsu Makan

  • Pembesaran perut yang tidak lazim

  • Adanya perubahan warna pada bola mata kucing seperti tidak biasanya.

  • Tubuh kucing seperti pada gusi, telinga, hidung, telapak tangan dan juga bola mata yang mengalami perubahan warna menjadi kuning.

  • Kucing terlihat tidak seaktif biasanya.

  • Kucing terlihat mulai jarang buang air kecil (BAK) seperti biasanya.

  • Demam


Tidak Menular

Kucing yang terkena Feline infectious peritonitis tidak akan menularkan virus FIP ke kucing lainnya. Virus yang menular adalah FCOV, bukan FIP. Kita bahasa sedikit mengenai FCOV ya.


FCOV (Felline Corona Virus) adalah virus Corona yang terjadi pada kucing. Virus ini hanya menular antar kucing saja dengan gejala paling parah biasanya berupa diare. Hampir 80% dari populasi kucing global terinfeksi virus ini. Perlu diingat juga bahawa, FCOV tidak mematikan, tapi dia merupakan virus pembawa FIP. Ketika kucing terinfeksi virus FCOV, semaksimal mungkin kamu hindari hal-hal yang membuat kucing stress, karena ketika kucing terkena virus FCOV maka hal-hal yang membuat kucing stress akan meningkatkan kemungkinan virus FCOV bermutasi menjadi FIP. Pastikan juga ketika kucing kamu terkena virus FCOV, harus menghindari kontak dengan kucing lainnya agar tidak tertular.

Saat ini Bisa Disembuhkan

Saat ini FIP sudah bisa disembuhkan melalui sebuah terobosan medis Peneliti di AS melalui obat antivirus GS-441524.


Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi kami di WhatsApp untuk langsung terhubung dengan team ahli kami.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page