top of page

Ciri-ciri Kucing Cacingan: Kenali Gejalanya dan Cara Mengatasinya

Kesehatan hewan peliharaan adalah prioritas bagi setiap pemilik. Salah satu masalah kesehatan yang sering diabaikan tetapi dapat berdampak besar pada kucing adalah cacingan. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda cacingan pada kucing agar Anda dapat mengambil tindakan tepat waktu untuk melindungi kesehatan teman berbulu Anda.


ciri ciri kucing cacingan, kucing cacingan, ciri kucing cacingan, cara mengobati kucing cacingan, penyebab kucing cacingan

Apa itu Cacingan pada Kucing?

Infeksi cacing pada kucing dapat disebabkan oleh berbagai jenis cacing, seperti cacing tambang, cacing gelang, dan cacing pita. Cacingan dapat terjadi pada kucing dewasa maupun anak kucing. Anak kucing yang masih menyusui dapat terinfeksi cacing dari ibu mereka melalui air susu.


Ciri-ciri Kucing Cacingan

Ada beberapa ciri yang dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah kucing Anda menderita cacingan. Beberapa ciri umum cacingan pada kucing antara lain:

  • Perut Kucing Membesar Salah satu ciri yang sering kali terlihat adalah perut kucing yang membesar. Hal ini disebabkan oleh adanya cacing di saluran pencernaan kucing yang menyebabkan perut terlihat buncit.

  • Muntah Kucing yang mengalami cacingan juga dapat sering muntah. Muntah ini bisa berupa muntahan yang mengandung cacing atau muntah biasa.

  • Diare Diare adalah gejala umum cacingan pada kucing. Kucing yang mengalami cacingan dapat mengalami diare yang disebabkan oleh iritasi pada saluran pencernaan akibat cacing.

  • Kehilangan Berat Badan Kucing yang menderita cacingan juga dapat mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar meskipun makanannya tetap cukup.

  • Kulit dan Bulu Kusam Infeksi cacing juga dapat membuat kulit kucing terlihat kusam dan bulu kucing menjadi kusut atau rontok.

  • Mengantuk dan Lesu Kucing yang terinfeksi cacing juga dapat terlihat lebih mengantuk dan lesu dari biasanya.



Ciri Kucing Cacingan Parah

Selain ciri-ciri umum di atas, ada juga ciri-ciri kucing cacingan yang sudah parah. Jika kucing Anda mengalami beberapa ciri di bawah ini, segeralah bawa ke dokter hewan:

  • Muncul Darah dalam Tinja Jika tinja kucing Anda mengandung darah, ini bisa menjadi tanda bahwa infeksi cacing sudah parah.

  • Anemia Cacing dapat mengakibatkan anemia pada kucing, yang ditandai dengan kulit atau gusi kucing yang pucat.

  • Pendarahan di Hidung atau Mulut Infeksi cacing yang parah juga dapat menyebabkan pendarahan di hidung atau mulut kucing.


Cara Mengatasi Cacingan pada Kucing

Untuk mengatasi cacingan pada kucing, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

  • Beri Obat Cacing Berikan obat cacing yang diresepkan oleh dokter hewan untuk membunuh cacing dalam tubuh kucing.

  • Jaga Kebersihan Lingkungan Pastikan lingkungan tempat tinggal kucing tetap bersih agar cacing tidak mudah menyebar.

  • Berikan Makanan Bergizi Berikan makanan bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan kucing dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

  • Vaksinasi Rutin Vaksinasi rutin juga dapat membantu mencegah infeksi cacing pada kucing.


Perut Kucing membesar: Antara Cacingan atau FIP pada Kucing

FIP Kucing atau Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah infeksi virus yang disebabkan oleh Feline Coronavirus (FCoV). Salah satu bentuk FIP adalah FIP basah (Wet FIP) yang ditandai oleh penumpukan cairan di rongga perut atau dada kucing. Beberapa gejala FIP basah, seperti perut kucing membesar, mirip dengan ciri-ciri cacingan pada kucing. Namun, FIP adalah penyakit yang lebih serius dan berbahaya dengan tingkat kematian yang tinggi jika tidak segera diobati.


Ciri-ciri FIP Basah pada Kucing

Beberapa ciri FIP basah yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Perut Membesar Pada FIP basah, penumpukan cairan di rongga perut dapat membuat perut kucing terlihat membesar.

  • Cairan di Rongga Perut atau Dada FIP basah ditandai oleh penumpukan cairan di rongga perut atau dada kucing, yang dapat terdeteksi melalui pemeriksaan fisik oleh dokter hewan.

  • Kehilangan Nafsu Makan dan Berat Badan Kucing dengan FIP basah biasanya mengalami kehilangan nafsu makan dan berat badan yang signifikan.

  • Demam yang Tidak Merespon Pengobatan Biasa Kucing dengan FIP biasanya memiliki demam yang tidak merespon pengobatan antibiotik biasa.

  • Kehilangan Energi dan Aktivitas Kucing yang terinfeksi FIP biasanya terlihat lesu dan kehilangan minat pada aktivitas sehari-hari.

  • Masalah Pernapasan Kucing dengan FIP basah juga dapat mengalami masalah pernapasan akibat penumpukan cairan di rongga dada.


Perbedaan Antara Kucing Cacingan dan Kucing FIP

Meskipun beberapa gejala FIP basah mirip dengan ciri-ciri cacingan pada kucing, ada perbedaan yang penting. Cacingan disebabkan oleh infeksi cacing, sementara FIP disebabkan oleh virus FCoV atau Virus Corona pada kucing. FIP juga cenderung lebih serius dengan tingkat kematian yang tinggi dan membutuhkan pengobatan khusus seperti GS-441524 dibandingkan dengan cacingan. Jika Anda mencurigai kucing Anda menderita FIP, segera bawa ke dokter hewan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.


ciri ciri kucing cacingan, kucing cacingan, ciri kucing cacingan, cara mengobati kucing cacingan, penyebab kucing cacingan

Jika kucing kamu menunjukkan gejala-gejala FIP, segeralah membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan juga pengobatannya, kamu bisa hubungi Basmi FIP Indonesia di WhatsApp atau mengunjungi instagram Basmi FIP Indonesia untuk bisa kami bantu arahkan.



63 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page