top of page

Memahami Konsentrasi dan Dosis GS-441524 untuk Pengobatan Kucing dengan FIP

Diperbarui: 16 Okt 2023

Feline Infectious Peritonitis (FIP) merupakan penyakit mematikan yang menyerang kucing dengan tingkat kematian yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan pengobatan yang tepat dan efektif untuk mendapatkan hasil optimal dalam penyembuhan kucing yang terinfeksi FIP.



Basmi FIP, pelopor pengobatan FIP di Asia Tenggara, berkomitmen untuk membantu kucing-kucing yang menderita FIP agar dapat sembuh. Kami senantiasa memastikan bahwa setiap kucing mendapat dosis pengobatan yang sesuai.


Memahami Konsentrasi dan Dosis GS-441524 untuk Pengobatan Kucing FIP
Memahami Konsentrasi dan Dosis GS-441524 untuk Pengobatan Kucing FIP

Menentukan Konsentrasi dan Dosis Pengobatan FIP untuk Kucing

Dalam pengobatan FIP, dosis yang tepat adalah kunci. Lantas, bagaimanakah cara menentukan dosis yang akurat?


Pilihan Konsentrasi (Vial Injeksi)

Langkah awal adalah menentukan jenis vial dan konsentrasi yang sesuai dengan berat badan kucing. GS-441524 dari Basmi FIP hadir dalam berbagai konsentrasi. Anda dapat melihat pilihan vial di sini.


Meskipun setiap vial memiliki efikasi yang sama, tetapi memerlukan volume injeksi yang berbeda. Sebagai contoh, untuk kucing dengan gejala neurologis atau yang memiliki berat badan lebih besar, konsentrasi yang lebih tinggi (seperti 30 mg/ml) direkomendasikan. Hal ini memungkinkan penggunaan volume injeksi yang lebih sedikit, sehingga proses penyuntikan menjadi lebih nyaman bagi kucing.


Menentukan Dosis

Berdasarkan jenis FIP, dosis yang direkomendasikan adalah:

  • FIP Basah: 6 mg/kg

  • FIP Kering: 8 mg/kg

  • Kasus dengan gejala neurologis atau okular: 10 mg/kg

Untuk menghitung dosis yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan kalkulator dosis.


Apa yang Harus Dilakukan Saat Kekambuhan?

Kekambuhan dialami oleh sekitar 3% kucing yang telah menjalani pengobatan dengan Basmi FIP. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kekambuhan antara lain:

  • Dosis yang tidak cukup atau tidak sesuai selama pengobatan.

  • Ketidakkonsistenan dalam rencana pengobatan.

  • Menghentikan pengobatan sebelum durasi 84 hari yang disarankan.

  • Tidak melakukan tes darah lengkap sebelum mengakhiri pengobatan.

Jika kucing menunjukkan gejala kekambuhan, dengan menunjukan beberapa gejala seperti kejang atau kehilangan nafsu makan, setelah pengobatan, dosis yang direkomendasikan adalah 12 mg/kg hingga 15 mg/kg (Dosis Kekambuhan).


Dalam situasi tertentu, jika kondisi kucing tidak membaik, dosis dapat dinaikkan secara bertahap sebesar +2 mg/kg dari dosis sebelumnya. Namun, hal ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter dan Anda juga dapat berkonsultasi dengan Tim Basmi FIP.

Durasi pengobatan bervariasi antara 2 minggu hingga 12 minggu (84 hari), tergantung pada kondisi kucing. Jika dalam 2 minggu kondisi kucing belum membaik, pertimbangkan untuk menaikkan dosis FIP menjadi 15 mg/kg.


FAQ

Apakah dosis berubah jika berat badan kucing naik?

Untuk hasil yang optimal, dosis obat harus tetap jika berat badan kucing menurun. Namun, jika berat badan kucing meningkat selama pengobatan, dosis perlu disesuaikan berdasarkan berat awal atau berat tertinggi selama siklus pengobatan.


Apakah dosis suntikan harian boleh berubah?

Dosis suntikan harian harus sama dan tidak boleh berubah, kecuali ada ada peningkatan berat badan kucing.



255 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page