Apakah Pengeluaran Cairan Pada Kasus FIP Basah Perlu Dilakukan?




Akumulasi cairan di daerah perut dan dada selama infeksi FIP Basah disebabkan oleh peradangan pembuluh darah. Istilah medis untuk ini adalah vaskulitis.


Sekarang setelah kita mengetahui penyebabnya, haruskah kita mengeluarkan cairan ini? Di bawah ini kami mencantumkan 2 skenario hipotetis dan tindakan yang kami rekomendasikan untuk masing-masing skenario.


Skenario I Pembesaran perut terlihat jelas. Namun, kucing Anda makan, minum, dan bernapas dengan nyaman.

Dalam skenario ini, kami tidak menyarankan mengeluarkan cairan. Yang kami sarankan adalah memulai pengobatan GS-441524 dengan dosis 6mg/kg segera. Anda akan melihat pembengkakan perut mulai mengecil dalam waktu 1,5 - 2 minggu setelah memulai perawatan dengan Basmi FIP. Serta cairan perut secara bertahap akan diserap kembali oleh tubuh dan virus FIP secara bertahap dihilangkan dari tubuh. Kami tidak menyarankan mengeluarkan cairan perut dalam skenario ini karena potensi kerusakan lebih besar daripada manfaatnya. Cairan yang dikeluarkan akan segera kembali menyerap ke dalam tubuh. Jika kucing Anda makan dan minum secara normal, dan tidak mengalami sesak napas, hindari melakukan penyedotan cairan.


Skenario II Pembesaran cairan menyebabkan kesulitan bernapas atau makan.


Dalam skenario ini, perlu untuk menyedot beberapa cairan tapi tidak semua cairan. Hal ini disebabkan kesulitan bernafas menyebabkan tekanan jantung meningkat dalam bentuk peningkatan denyut jantung serta detak jantung yang bekerja. Dalam kasus yang parah, stres ini dapat menyebabkan gagal jantung. Sedangkan pengeluaran cairan perut akan menyebabkan dehidrasi dan penipisan protein. Sehingga dalam skenario ini, manfaat penyedotan cairan lebih baik. Penting untuk dicatat bahwa pengeluaran cairan berlebih dapat berbahaya untuk kondisi kucing Anda, dan dapat menyebabkan kematian. Umumnya, kami merekomendasikan untuk mengeluarkan kurang dari 30% dari total cairan perut. Saat mengobati anak kucing (Kitten) dan kucing dewasa (Senior) dengan FIP basah, Kami sarankan untuk bersikap konservatif dengan mengeluarkan lebih sedikit cairan. Hal tersebut dikarenakan cairan bisa kembali ketubuh kucing walaupun kita sudah memulai pengobatan anti-virus GS-441524. Dalam skenario ini, jika akumulasi cairan meningkat maka kami merekomendasikan untuk memulai dengan dosis 6mg/kg dan menaikan dosis +2mg/kg secara bertahap hinggal maksimum dosis 15mg/kg. Kucing Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih daripada di Skenario I. Tingkat pengurangan cairan akan meningkat seiring dengan kemajuan pengobatan.

Dari 2 skenario di atas kita dapat membuat kesimpulan sebagai berikut: 1. Walaupun penumpukan cairan menyebabkan kesulitan untuk bernafas atau makan. Kami sarankan untuk tidak dilakukan pengeluaran cairan. Kecuali dalam keadaan darurat. 2. Saat mengeluarkan cairan, berhati-hatilah untuk mengeluarkanya, dikarenakan Penghapusan cairan dapat menyebabkan kerusakan fisiologis. 3. Cairan dapat kembali dan kondisinya akan bertahan serta memburuk. Kecuali kucing Anda dirawat dengan GS-441524. Obat anti-inflamasi untuk sementara dapat digunakan untuk mengurangi gejala penumpukan cairan. Namun hal tersebut tidak menahan replikasi virus FIP. Hanya dengan mengobati Virus FIP dengan GS-441524 kucing Anda bisa sembuh dari virus FIP.

195 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua