top of page

Sakit Mata Pada Kucing: Mengenali Gejala dan Pengobatannya

Diperbarui: 16 Jun 2023

Anda mungkin pernah mengalami masalah mata pada kucing kesayangan Anda, seperti infeksi mata. Infeksi mata pada kucing memiliki beberapa jenis yang perlu Anda kenali. Meskipun sakit mata pada kucing dapat diobati, namun jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, bisa berakibat fatal. Selain itu, infeksi mata juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang parah. Oleh karena itu, penting bagi kucing yang mengalami sakit mata untuk segera mendapatkan perawatan dari dokter hewan dan pengobatan yang tepat.


Kucing sakit mata
Mengenal Gejala Okular Pada Kucing FIP

Sakit mata pada kucing bisa disebabkan oleh luka pada mata atau adanya benda asing di dalamnya, seperti kotoran atau pasir, dan juga infeksi virus pada kucing.


Ciri-ciri Kucing Sakit Mata: Gejala Umum yang Perlu Dikenali

Untuk mengenali apakah kucing Anda mengalami sakit mata, perhatikan beberapa ciri atau gejala berikut ini. Mengamati gejala yang muncul sangat penting agar Anda dapat mengambil langkah yang tepat dalam penanganannya. Berikut adalah beberapa ciri umum infeksi mata pada kucing:


1. Kotoran Mata yang Berbeda Warna dan Mengeras

Infeksi mata pada kucing dapat ditandai dengan keluarnya kotoran mata yang bervariasi warnanya, mulai dari bening hingga hijau-kuning. Kotoran ini dapat mengering dan membentuk kerak di sekitar mata kucing.


2. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Kucing yang mengalami infeksi mata cenderung mengeluarkan air mata secara berlebihan. Mata mereka mungkin terlihat basah atau berair secara terus-menerus.


3. Pembengkakan pada Mata

Infeksi mata pada kucing juga bisa menyebabkan pembengkakan pada area sekitar mata. Mata kucing terlihat bengkak dan terkadang terasa sakit jika disentuh.


4. Kornea yang Keruh

Pada beberapa kasus infeksi mata, kornea mata kucing bisa terlihat keruh atau kabur. Hal ini merupakan tanda adanya masalah serius pada mata dan memerlukan penanganan segera. Kornea yang keruh bisa terlihat seperti mata yang berawan, dan biasanya hal ini disebabkan oleh infeksi virus, salah satunya Virus FIP.


5. Mengucek Mata Karena Rasa Tidak Nyaman

Kucing yang mengalami infeksi mata seringkali akan mencoba mengucek atau menggosok mata mereka karena merasa tidak nyaman. Tindakan ini dilakukan sebagai respons terhadap rasa sakit atau iritasi yang mereka rasakan.


Penyebab Infeksi Mata Pada Kucing yang Perlu Anda Waspadai

Ada beberapa faktor penyebab masalah pada mata kucing. Meskipun penyebabnya beragam, berikut adalah beberapa masalah mata yang perlu Anda perhatikan:


1. Alergi

Seperti manusia, hewan peliharaan seperti kucing juga dapat menderita alergi yang mempengaruhi kesehatan mata mereka. Alergi pada kucing dapat menyebabkan mata terasa perih dan gatal, mirip dengan gejala alergi yang dialami manusia. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk mendapatkan obat yang tepat guna mengatasi rasa gatal pada mata kucing akibat alergi.


2. Konjungtivitis

Konjungtivitis, yang juga dikenal sebagai "mata merah", adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada mata dan saluran air mata kucing. Gejalanya meliputi berkedip secara berlebihan, keluarnya nanah dari mata, serta kulit di sekitar mata yang terlihat merah, bengkak, dan teriritasi.


3. Infeksi Virus FIP pada Mata Kucing

Feline Infectious Peritonitis (FIP) adalah penyakit yang disebabkan oleh Feline Coronavirus (FCoV) yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kucing. Salah satu bentuk FIP yang terjadi adalah FIP ocular yang secara khusus mempengaruhi mata kucing. Pada saat kucing terinfeksi FIP dengan gejala Ocular, kucing juga akan mengalami beberapa Gejala FIP lain.


Gejala Ocular pada Kucing FIP

Gejala ocular pada kucing FIP ditandai dengan perubahan pada mata, seperti peradangan dan perubahan warna pada mata yang dapat terlihat seperti awan putih. Kucing juga dapat mengalami kelopak mata yang tertutup, konjungtivitis, dan penurunan penglihatan. Gejala ini dapat berkembang secara bertahap dan semakin parah seiring berjalannya waktu.


Pengobatan FIP pada Kucing yang Mengalami Gejala Ocular

Jika kucing Anda menunjukkan gejala FIP ocular, langkah yang tepat perlu diambil untuk mencegah penyebaran virus yang lebih parah. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan:


1. Diagnosa FIP Ocular Pada Kucing

Untuk memastikan apakah gejala ocular yang dialami kucing kamu disebabkan oleh FIP biasanya dokter akan melakukan tindakan lanjutan dengan beberapa test laboratorium termasuk rangkaian pemeriksaan darah.


2. Obat FIP untuk Kucing

Setelah didiagnosa oleh dokter hewan, langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan tim Basmi FIP Indonesia untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. GS-441524 merupakan obat FIP yang sangat efektif yang dikembangkan oleh dr. Niels Pedersen dalam penelitian untuk menyembuhkan FIP pada kucing. Obat ini telah melalui uji klinis dan terbukti memiliki efikasi pengobatan lebih dari 87%, memberikan harapan baru bagi pemilik kucing yang sedang berjuang melawan penyakit FIP.


Kucing yang mengalami sakit mata bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan serius, termasuk FIP ocular yang berpotensi fatal. Memahami penyebab, mengenali gejala, dan mencari diagnosis serta pengobatan yang tepat sangat penting untuk mengelola penyakit ini. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan Anda, dan ingatlah, deteksi dini dapat membuat perbedaan yang besar.


Jika kucing peliharaan kamu menunjukkan gejala-gejala FIP, segeralah membawanya ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Jika kamu ingin konsultasi lebih lanjut mengenai Virus FIP dan pengobatannya, kamu bisa hubungi Basmi FIP Indonesia di WhatsApp atau mengunjungi instagram Basmi FIP Indonesia untuk bisa kami bantu arahkan. Kamu juga bisa membaca panduan lengkap dalam menangani FIP Kucing dengan klik di sini.


423 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kommentare


bottom of page